KLIK AJA LANGSUNG BOS

Cafe Bisnis Online

Rabu, 11 Januari 2012

UKM .... AYOOOO KREDIIIITTTT !!!!

UKM artinya Usaha Kecil dan Menengah, atau UKM artinya Usaha Kecil dan Mikro (tambah Kecil..) atau UKM artinya Usaha Kecil Mandiri. Banyak pihak yang mengartikan UKM dari sudut pandang masing2, tapi yang penting maksudnya baik, tidak masalah.

Kriteria usaha yang tergolong UKM juga masih belum sepenuhnya dipahami oleh pelaku-pelaku usaha termasuk saya he..he..he... Ada yang bilang omset usaha sampai dengan 1 milyar per bulan dan aset 10 milyar adalah tergolong UKM, omset 600 juta per bulan dan aset 5 milyar adalah UKM atau bahkan yang merasa UKM adalah pedagang kaki lima dan yang ada di pasar tradisional sementara yang punya stan di mal atau punya toko bukan termasuk UKM. yach..diartikel selanjutnya akan saya carikan kriteria dan penggolongan pengusaha yang UKM, Ok ?! tapi bagi yang sudah tahu boleh beri masukkan di komentar kok...

Seringkali para pengusaha kecil mengeluh bahwa bank tidak men-support mereka dalam pemberian kredit, kalaupun bisa, pihak bank minta persyaratan yang tidak bisa dipenuhi, atau pihak bank tidak mau membiayai karena pengajuan kredit dibawah Rp.50 juta.  Jadi.... gimana nih ???

Sepanjang yang saya ketahui, bahwa bank membiayai kredit Kecil dan Menengah sampai dengan Rp. 5 Milyar, sehingga yang ketika petugas bank yang ngurusi kredit di 'target' menyalurkan kredit kepada masyarakat dalam jumlah tertentu setiap bulan, maka timbul pemikiran dari petugas bank "memproses kredit kecil (dibawah Rp.50 juta) dan memproses kredit besar (diatas Rp.50 juta) kerjaannya sama, mending proses pengajuan besar aja, target cepet tercapai" itulah salah satu sebab mengapa terkadang ada bank yang tidak memproses pengajuan kredit dalam jumlah tertentu.

Saat ini banyak bank dan koperasi yang menyasar segmen kredit kecil (dibawah 100 juta), BRI dengan Teras BRI, BNI dengan BNI Mikro, Bank Mandiri dengan Usaha Mandiri, Danamon dengan DSPnya, BTPN dengan unit mikronya... belum lagi Bank Perkreditan Rakyat dan koperasi simpan pinjam yang bertebaran di sudut-sudut kota. Jadi untuk teman-teman yang ingin mendapat kredit dari bank, tidak perlu ragu-ragu datangi semua bank-bank itu, langsung aja .. nda perlu lewat calo atau makelar.

Jadi.....AYOOOO KE BANK.... AYOOO KREDIIIIIIIT....

2 komentar:

  1. Ayo, Menabung Rp 10.000,- demi masa depan

    BalasHapus
  2. Menabung dlm Dinar_emas dan Dirham_perak, bebas inflasi dan bebas riba..!

    BalasHapus